Fungsi Filter Oli Pada Motor

blog.dcc.ac.id –  Fungsi filter oli 2019 adalah salah satu komponen mesin yang cukup penting adalah Oil Fiter. Nah, apa itu filter oli? Dan apa fungsi dari filter oli ini? Bagi Anda yang dekat dengan dunia otomotif, mereka tentu tidak lupa dengan nama filter oli. Tetapi sebaliknya, bagi Anda yang sangat umum di dunia otomotif, Anda harus bertanya pada diri sendiri apa itu filter oli dan apa aplikasi komponen ini.

Fungsi filter oli 2019

Sebelum mempelajari fungsi filter oli, pertama mari kita lihat penjelasannya. Filter oli adalah filter yang dirancang untuk menyaring kotoran yang mencemari oli mesin, sehingga oli tetap bersih untuk melumasi bagian-bagian mesin. Komponen ini sebenarnya sangat penting untuk kendaraan, karena filter oli juga menentukan kinerja kendaraan.

Secara umum, filter oli engine dipasang di bagian luar engine untuk memudahkan proses perawatan komponen. Untuk memastikan komponen ini bekerja secara optimal, perhatian berkala harus diberikan. Karena jika usia penggunaan filter oli sudah lama, tetapi tidak berubah, maka secara otomatis akan menghambat sirkulasi oli di mesin.

Oleh karena itu, filter oli harus diganti ketika yang lama sudah tua dan kondisinya tidak memungkinkan untuk digunakan lagi. Secara umum, filter oli lama yang belum diganti akan mengalami penyumbatan, yang akan mengurangi aliran oli di mesin kendaraan Anda. Ini karena ada penyumbatan dalam filter oli, sehingga proses pelumasan bagian-bagian umum mesin Anda akan menunjukkan keausan. Dan inilah fungsi filter oli di mesin.

Filter oli adalah salah satu komponen dari sepeda motor, yang sangat penting karena jika filter oli diblokir, itu akan mempengaruhi kinerja mesin itu sendiri. Selain itu, sirkulasi oli di mesin juga tidak akan maksimal saat melumasi semua bagian mesin, sehingga mesin akan cepat aus dan jumlah oli di mesin akan berkurang. Karena itu, kami sarankan Anda selalu memeriksa kondisi filter oli mesin Anda.

Filter oli yang didistribusikan tidak optimal karena penyumbatan filter oli, yang akan menyebabkan keausan pada komponen mesin. Jadi, dalam keadaan seperti itu, komponen-komponen mesin bergesekan seperti bagian-bagian dari poros bubungan, lengan batu lebih cepat aus daripada yang seharusnya. Karena itulah keberadaan filter oli sangat penting bagi kendaraan bermotor.

Sementara itu, Anda juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan filter oli sehingga tidak ada masalah dengan filter oli. Melalui perawatan yang tepat dan pemeliharaan berkala, ini secara alami memastikan kinerja maksimum dalam filter oli. Kapan kita harus mengganti filter oli? Ya, kita harus mengganti filter oli jika filter oli rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa filter oli terus mensirkulasikan oli engine dengan benar dan sedemikian rupa sehingga komponen engine terpapar seragam ke pelumas, menghindari gesekan yang terlalu berat pada engine. Selain itu, dengan sirkulasi oli yang lancar, kondisi motor selalu basah dan tidak renyah, sehingga tidak cepat aus.

Mengingat fungsi filter oli yang sangat penting, Anda juga harus memeriksa kondisi filter oli secara rutin. Dan dengan inspeksi ini kita akan tahu apakah penggiling minyak ini masih bisa digunakan atau tidak. Tetapi jika kondisi filter oli panjang, Anda harus menggantinya dengan filter baru. Dan untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa fungsi oli mesin bersama dengan informasi lengkap.

  1. Sebagai komponen yang berfungsi untuk menyaring kotoran di oli mesin sebelum oli tersebar di dalam mesin.
  2. Sebagai bagian yang berfungsi untuk memulai pasokan oli ke semua bagian mesin yang ada, karena oli dari tangki oli pertama kali memasuki filter oli, itu akan disalurkan ke bagian atau komponen lain dari mesin Anda saat mesin sedang berjalan .
  3. Sebagai bagian yang berfungsi merawat komponen lain di mesin Anda, agar tidak menimbulkan keausan karena gesekan gesekan.

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi filter oli yang di ambil dari website https://www.mesinmotor.com/

Semoga bermanfaat