Hakikat Dan Ciri Teori

Hakikat Dan Ciri Teori

Hakikat Dan Ciri Teori

Hakikat Dan Ciri Teori
Hakikat Dan Ciri Teori
  • Teori

Teori Merupakan suatu set atau sistem pernyataan (a set of statement) yang menjelaskan serangkaian hal Sejumlah proporsi yang berintegrasi secara sintaktik untuk memprediksi dan menjelaskan peristiwa-peristiwa yang diamati (Snelbecker, 1974).

Teori mempunyai sifat-sifat sebagai berikut sesuai skema :

  1. Unifying StatementApakah cara untuk membuat rasa situasi mendistribusikan , sehingga memungkinkan kita yang paling efektif untuk membawa untuk menanggung suara kita merujuk kebiasaan , dan bahkan lebih penting , untuk mengubah kebiasaan atau membuangnya bersama-sama , menggantikan yang baru sebagai tuntutan situasi. Logika yang direkonstruksi , sesuai, teori akan muncul sebagai perangkat untuk menafsirkan , mengkritik , dan hukum yang didirikan pemersatu , memodifikasi mereka untuk menyesuaikan data yang tak terduga dalam formasi mereka , dan membimbing perusahaan untuk menemukan generalisasi baru dan lebih kuat . (Kaplan , 1964. Hal 295 )

Sebuah teori seperangkat konvensi yang harus berisi sekelompok asumsi yang relevan secara sistematis berhubungan satu sama lain dan satu set definisi empiris ( Hall dan Lindsay ). Dalam bentuk yang paling sederhana , teori adalah instruksi simbolis dirancang untuk membawa digeneralisasikan Bahkan ke dalam hubungan sistematis. Hal ini terdiri dari : a) satu set unit (fakta , konsep , variabel ) , dan b) sistem hubungan antara mereka unitnya.

  1. Universal Preposition

Sebuah teori dapat didefinisikan sebagai sebuah badan terpadu definisi , asumsi dan preposisi umum meliputi materi yang diberikan dari mana seperangkat dan konsistensi hipotesis spesifik dan diuji dapat dikurangi secara logis ( Rose , 1953). Sebuah teori umum dibangun di atas fakta ditemukan melalui penggunaan teorema dan model konseptual lainnya dari data empiris dan yang telah dinyatakan dalam bentuk undang-undang , korelasi , atau generalisasi jenis lainnya . Ini melibatkan sintesis dan diarahkan untuk perumusan preposisi tentang universal . ( Abel )

  1. Predictive StatementSebuah teori terdiri dari generalisasi dimaksudkan untuk menjelaskan fenomena dan generalisasi harus prediktif . ( trevers , 1960)
    Kesimpulan : Teori adalah seperangkat konstruk saling terkait ( konsep ). Definisi , dan preposisi yang menyajikan pandangan sistematis fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel , dengan tujuan menjelaskan dan memprediksi fenomena . (Kerlinger , 1973 )
  1. Fungsi Teori

Fungsi Teori sesuai dengan skema adalah sebagai berikut :

  • Mendeskripsikan atau memaparkan suatu masalah praktis dan dapat diterima oleh semua kalangan.
  •  Menjelaskan suatu maslah kompleks dan bersifat umum dan juga ilmiah yang sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
  • Mendeskripsikan atau memperkirakan bagaimana cara memecahkan suatu masalah yang kompleks atau bersifat umum dengan xara yang ilmiah.

 

 C. Ciri-Ciri Teori

  • Sebuah sistem teoritis harus mengizinkan pemotongan yang diuji secara empiris
  • Sebuah teori harus kompatibel baik dengan teori-teori sebelumnya divalidasi
  • Teori harus dinyatakan dalam istilah yang sederhana , teori yang paling baik yang menjelaskan sebagian besar dalam bentuk yang paling sederhana

 

  • Teori-teori ilmiah harus didasarkan pada fakta empiris dan hubungan.

 

Sumber : https://pengajar.co.id/