Pengertian seni dan contohnya

Pengertian seni dan contohnya

Seni dapat dibagi menjadi tiga kategori: seni murni atau seni murni, kerajinan tangan, dan desain. Seni murni mengacu pada karya-karya yang hanya ditujukan untuk memuaskan kotoran, kerajinan, dan desain pribadi yang menekankan fungsi dan kemudahan produksi.

Pengertian seni dan contohnya

Sejak manusia ada di bumi ini, seni telah ada. Berdasarkan penelitian oleh para ahli, seni (karya seni) ada selama 60 ribu tahun yang lalu. Buktinya adalah dalam bentuk gambar bentuk takik dinding menggunakan warna yang menggambarkan kehidupan manusia kuno [1]. Susant berkata:

“Pada manusia, manusia yang hidup di gua-gua di sekitar Perancis Selatan, Spanyol, atau Maroko dalam bentuk visual meninggalkan karya seni dalam bentuk alat untuk luka, patung, atau kehidupan dinding gua. Susanto, 2003: 17)

Memahami seni

Seni rupa adalah bidang seni yang bisa ditangkap oleh mata dan membentuk karya seni dengan media yang bisa dirasakan dengan palpasi. Kesan ini dibuat dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan referensi estetika.

Definisi seni murni

Seni murni adalah seni yang dibuat secara bebas tanpa mempertimbangkan fungsi dan kegunaannya, tetapi preferensi diberikan pada fungsi kecantikan / estetika. Fungsi seni murni hanyalah indikasi untuk memuaskan kepuasan batin dari estetika.

Memahami nusantara dan seni murni asing

Seni nusantara adalah beragam bentuk seni yang tumbuh dan berkembang di setiap wilayah Indonesia. Sebagai hasil dari budaya orang yang tinggal di daerah sesuai dengan kebiasaan dan kondisi lingkungan, seni kepulauan dalam berbagai bentuk tumbuh. Salah satu bentuk seni yang berkembang adalah bentuk karya seni.
Seni asing adalah karya seni termasuk nilai-nilai budaya asing. Seni datang dari luar negeri, sehingga disebut seni asing.

Contoh karya seni murni:

1. Melukis

Lukisan murni

Lukisan adalah contoh seni murni dua dimensi yang dibuat dengan media lukisan (kertas, kanvas, dll) menggunakan alat-alat melukis seperti pensil, kuas, cat. Lukisan memiliki nilai keindahan dan estetika yang tinggi, sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. Karena itu, banyak kolektor pelukis yang tidak rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan lukisan yang mereka inginkan.

2. Gambar

Patung Seni Murni

Contoh seni murni tiga dimensi adalah seni patung. Itu dibuat dengan teknologi spesifik berdasarkan alat dan media yang digunakan. Biasanya patung dibuat dengan membuat benda-benda dari bahan-bahan seperti tanah, batu alam, logam, dan banyak lainnya. Karya seni murni dua dimensi ini ada untuk waktu yang lama dan dapat ditemukan di berbagai belahan dunia. Salah satu bukti bahwa patung ada untuk waktu yang lama dapat dilihat dari banyak peninggalan sejarah.
Baca selengkapnya: Memahami seni oleh para ahli dan bentuknya

Grafik

Seni grafis murni

Seperti lukisan, seni grafis adalah seni dua dimensi. Dalam pembuatannya, sebagian besar menggunakan teknik pencetakan modern yang lebih baik menggunakan teknik-teknik canggih atau tradisional. Beberapa teknik ini adalah cologlog, etsa, tipe mono, cetak kayu, sablon dan banyak lainnya.

mosaik

Seni Murni Mosaik

Mosaik adalah teknik untuk menempatkan potongan-potongan kecil dan fragmen dalam bentuk yang sangat indah. Dalam membuat mosaik umum, tembikar, pecahan batu, dan banyak lainnya digunakan. Seni mosaik itu sendiri sudah ada sejak zaman Romawi kuno. Ini bisa dilihat dari bangunan peninggalan kuno.

5. Patung

Patung Seni Murni

Patung adalah teknik mengukir pohon dan batu menjadi seni berbentuk indah. Patung biasanya berupa tanaman dan hewan. Selain memasukkan seni murni, ada juga bentuk patung yang termasuk dalam seni terapan.

6. Bantuan

Relief seni murni

Relief adalah gambar lukisan tiga dimensi (tiga dimensi) yang dibuat pada bidang dua dimensi (dwimatra). Kita dapat menemukan relief di tempat-tempat bersejarah seperti kuil, cita-cita.

kaligrafi

Seni kaligrafi murni

Kaligrafi adalah seni menulis dalam serangkaian kata-kata dan kalimat-kalimat indah yang ditulis di media seperti kertas, batu, pohon. Kaligrafi umumnya menggunakan aksara Arab sebagai media penulisan. Namun, ada orang yang jarang menggunakan tulisan Latin untuk media penulisan mereka.

Seni foto

Gambar murni

Foto seni adalah karya seni fotografi yang berasal dari proses melukis dengan cahaya, menggunakan perangkat, kamera. Aset terpenting dalam seni gambar ini adalah Mata.

Sumber : https://materibelajar.co.id/