Struktur Tubuh dan Ukuran Virus Lengkap

Struktur Tubuh dan Ukuran Virus Lengkap

A. Ukuran virus

Virus ini sangat kecil sehingga hanya bisa dilihat dengan mikroskop elektron. Ukuran virus ini sekitar 20 – 300 milimikron, jauh lebih kecil dari ukuran bakteri, 10 mikron.

Untuk membuktikan bahwa ukuran virusnya sangat kecil, Iwanovski dan M. Beijerinck mencoba memfilter. Karena ukurannya lebih besar dari virus, bakteri disaring tetapi Anda dapat melihat bahwa virus masih keluar dari filter keramik.

B. Morfologi virus

Virus mungkin berbentuk oval, tangkai (memanjang), huruf T, dan mungkin juga bundar.

Virus ini memiliki struktur yang sangat sederhana. Virus ini hanya terdiri dari materi genetik dalam bentuk DNA atau RNA yang dikelilingi oleh protein pelindung yang disebut capsid. Kapsul dibangun oleh subunit yang saling identik yang disebut capsomer. Bentuk capsomers ini sangat simetris dan kadang-kadang mengkristal. Beberapa virus, seperti herpesvirus dan virus influenza, juga dapat dilengkapi dengan amplop (lipid dan protein) dari satu atau lebih lipoprotein. Pembungkus ini adalah membran plasma yang berasal dari sel inang virus. Virus dengan bahan genetik yang dibungkus pembungkus protein disebut partikel virus atau partikel virion.
Virus tidak memiliki sitoplasma atau organel, sangat kecil sehingga tidak memiliki struktur seluler, jadi itu bukan sel atau organisme.

C. Penempatan virus tubuh

Virus memiliki berbagai ukuran dan bentuk, tetapi mereka memiliki motif struktural yang sama, yaitu:

Kapsid
Kapsid adalah lapisan pembungkus DNA atau RNA dan kapsid bisa dalam bentuk heliks (batang), misalnya dalam virus mosaik (beberapa di antaranya adalah polyhedra pada virus adenovirus), atau bentuk lain yang lebih kompleks.
Kapsid yang paling kompleks ditemukan pada virus bacteriophage (faga). Faga yang dipelajari pertama kali mengandung tujuh fag yang terinfeksi bakteri E.coli dan tujuh fag disebut sebagai tipe 1 (T1), tipe 2 (T2), tipe 3 (T3), dll. Sesuai dengan urutan yang ditemukan.

Capsomers
Kapsomer adalah subunit protein dengan jumlah protein yang relatif kecil dan membentuk virus mosaik tembakau dengan kapsid, misalnya kaku, seribu kapsomer tetapi dengan kapsid heliks (batang) yang terdiri dari satu protein.

Struktur tambahan lainnya
Struktur tambahan lainnya, amplop virus yang membungkus kapsid dan berfungsi menginfeksi host. Selubung ini terbentuk dari fosfolipid dan protein sel inang, serta protein dan glikoprotein yang berasal dari virus itu sendiri. Seperti virus influenza, tidak semua virus memiliki struktur tambahan ini. Memang, bahkan jenis-jenis faga yang ditemukan (T2, T4 dan T6) memiliki struktur yang serupa, yaitu kapsid memiliki kepala icosahedral memanjang yang membungkus DNA dan struktur tambahan lainnya. Di dalam bakteri.

Selengkapnya di https://laelitm.com/